KARYA WISATA SDN PENGGUNG I

    Dalam rangka wisata sambil belajar sekaligus mempererat hubungan di antara keluarga besar SDN Penggung 1 Nawangan, beberapa waktu yang lalu mengadakan wisata sekaligus belajar dari tempat yang di kunjungi. Wisata kali ini di ikuti oleh murid kelas 5 dan 6 serta orang tua dari murid tersebut.
    Wisata yang di kunjungi yaitu Taman jurug di karang anyar, Keraton surakarta, Dan waduk gajah mungkur.
    Di Taman satwa jurug para murid bisa mengenal flora fauna yang selama ini mungkin tidak pernah di jumpai di alam sekitar. Murid juga secara langsung bisa mengenali bentuk, perilaku, habitat dan dari mana satwa ini berasal. 
     Di keraton surakarta para murid bisa mengetahui sejarah kerajaan, peninggalan kerajaan terdahulu, dan silsilah kerajaan yang informasi ini bisa di dapat  baik dari pemandu wisata maupun dari ruang ruang yang di lengkapi dengan peninggalan benda serta informasi yang tertulis di sekitarnya. 
    Yang ketiga adalah ke waduk gajah mungkur, Murid bisa melihat secara langsung dan di berikan pengetahuan apa tujuan di dirikan nya waduk ini dan dari kapan waduk ini di buat.
    Di balik tujuan wisata belajar kali ini ada sedikit cerita lucu , Dengan mengendarai mini bus kami berangkat pagi-pagi supaya bisa datang paling  awal  ,karena terlalu pagi berangkatnya kami sampai di surakarta jam 07.00 WIB , al hasil tempat tujuan  yang pertama yaitu taman satwa belum buka.....hhhhhh (terlalu semangad).
setelah berhasil masuk acara kami yang pertama adalah membuka bekal alias sarapan dulu....berikut adalah foto-foto saat berwisata di surakarta :

Pintu Gerbang Taman Jurug

Membuka Bungkusan 

Berbagi menu masakan

Lesehan di alam terbuka

Lesehan di alam terbuka

Lesehan di alam terbuka

Serius amat sih dee??

Action

Action

Action


Bp kepala sekolah dan keluarga

Pembimbing Wisata


Foto bersama patung pahlawan nasional  Sisks.pakde boewono VI

Susunan Dinasti Mataram



Ibu Neni dan keluarga

Ibu Ulya dan keluarga

Di keraton surakarta, ada satu tempat di mana terdapat air yang di letakkan di dalam kendi dan di gunakan untuk mencuci muka. Menurut beberapa kepercayaan, jika kita membasuh muka di air ini akan terlihat awet muda (entahlah, Allahu a'lam). Tempat ini di beri nama sumur keramat.  

Membasuh muka di sumur keramat

Membasuh muka di sumur keramat





    Tujuan yang terakhir yaitu ke waduk gajah mungkur Wonogiri, Tetapi saat itu hujan turun sangat deras, jadi perjalanan wisata tidak bisa di nikmati dengan maximal. Tetapi dengan demikian secara langsung para murid di beri penjelasan, bahwa waduk ini menampung air dari anak sungai yang berada di wilayah wonogiri dan sekitarnya serta sebagai waduk irigasi bagi masyarakat sekitar. Jika waduk ini tidak di bangun, pasti akan terjadi banjir di musim hujan seperti saat kami berwisata kesana, dan akan terjadi kekeringan jika saat musim kemarau panjang. Untuk itulah waduk ini di bangun pada masa pemerintahan presiden indonesia yang ke dua Bp. Soeharto yang pada saat itu di kenal sebagai bapak pembangunan indonesia.
 

Pintu gerbang waduk gajah mungkur 











   Demikian wisata belajar dari SDN Penggung 1 kami rangkum. Selain bisa berwisata, ber tamasya, sekaligus rekreasi bersama keluarga, ilmu pengetahuan pun kami dapatkan. Semoga di lain waktu kami bisa mngunjungi tempat lain sebagai bahan belajar dan tambahan ilmu bagi para murid. 
By  ADMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar